- BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab eksklusif kepada Presiden dan mempunyai kiprah untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu berjulukan Jamsostek) merupakan jadwal pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi semenjak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi semenjak 1 Juli 2014.
Logo Jaminan Kesehatan Nasional
BPJS Kesehatan sebelumnya berjulukan Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 ihwal BPJS, PT. Askes Indonesia berkembang menjadi BPJS Kesehatan semenjak tanggal 1 Januari 2014. Saat ini BPJS Kesehatan membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi sebagai:
a. Sekretaris Kedeputian Wilayah (Kode peminatan: SKR)
- Pengelolaan Administrasi dan Kegiatan Pimpinan
- Pengelolaan acara keprotokolan
- Pengelolan arsip konvensional (arsip fisik)
- Pengeloaan arsip digital
- Pengelolaan tata naskah dinas dan surat menyurat
Persyaratan khusus:
- Perempuan
- Pendidikan diutamakan Sekretaris, Administrasi Bisnis
b. Pelayanan Peserta (front liner), (Kode Peminatan: FLR)
- Memverifikasi, menyimpan, memutakhirkan, melaksanakan pencarian kembali, memvalidasi, dan mendistribusikan dokumen atau data kepesertaan.
- Melakukan verifikasi dan validasi data
- Merekapitulasi jumlah formulir
- Mencatat identitas akseptor dan gosip yang diminta ihwal komunikasi dan pertolongan gosip secara langsung
Persyatan khusus:
- Senang melayani;
- Memiliki komunikasi yang baik;
- Ramah.
c. Administrasi Kepesertaan (Kode Peminatan: ADK)
- Merekapitulasi data peserta.
- Melakukan rekonsiliasi data akseptor dengan Badan Usaha (BU).
- Melakukan pencatatan dan monitoring terhadap distribusi Kartu Indonesia Sehat
- Meminta dan memonitor pengembalian kartu (peserta keluar, perubahan dokter keluarga/data umum, produk).
Persyaratan khusus:
- Suka dengan data yang banyak;
- Memiliki kemampuan olah data dengan excel;
d. Penanganan Pengaduan Peserta (Kode Peminatan: PPP)
- Menerima eskalasi keluhan akseptor dari Staf Pelayanan Peserta
- Menerima keluhan peserta
- Memberikan klarifikasi kepada akseptor dan menuntaskan keluhan peserta
- Melakukan kunjungan terkait penyelesaian keluhan kepada peserta
Persyaratan khusus:
- Berempati dengan keluhan orang lain;
- Senang memperlihatkan solusi atas kesulitan orang lain.
e. Relationship Officer (Kode Peminatan: RLO)
- Pelaksanaan Kegiatan sosialisasi jadwal Jaminan Kesehatan BPJS Kesehatan secara eksklusif Badan Usaha atau Badan Hukum (Kegiatan Kunjungan)
- Rekrutmen Peserta Pekerja Penerima Upah
- Telemarketing
- Menjaga kekerabatan kemitraan dengan Badan Usaha
- Monitoring Pendaftaran Peserta dan Pembayaran Iuran Pertama PPU
- Monitoring Registrasi Peserta PPU
- Pemutakhiran data potensi pekerja Badan Usaha
Persyaratan khusus:
- Diutamakan mempunyai pengalaman sebagai tenaga pemasaran;
- Memiliki kendaraan minimal sepeda motor dan SIM
f. Administrasi Perluasan Kepesertaan (Kode Peminatan: APK)
- Memverifikasi, menyimpan, memutakhirkan, melaksanakan pencarian kembali, memvalidasi, dan mendistribusikan dokumen atau data;
- Membuat laporan aktifitas yang relevan terkait ruang lingkup pekerjaan secara berkala;
- Melakukan penilaian dan memperlihatkan masukan terhadap unit kerjanya yang terkait dengan pemikiran yang berlaku.
g. Penagihan (Kode Peminatan : PNG)
- Mengelola keabsahan/validitas data tagihan iuran melalui koordinasi dengan staf manajemen kepesertaan mencakup pengumpulan data analisa dan hasil perhitungan iuran berdasarkan data masterfile kepesertaan
- Mengelola manajemen penagihan dan melaksanakan acara penagihan dimulai dari tanggal 1 hingga dengan tanggal 10 setiap bulannya kepada akseptor dan pemberi kerja
- Melakukan koordinasi dengan petugas pemeriksa terkait dengan kepatuhan pembayaran iuran akseptor dan pemberi kerja sesudah melaksanakan acara penagihan iuran sesuai dengan SLA
Persyaratan khusus:
- Terbiasa melihat angka rupiah;
- Memiliki kemampuan negosiasi.
h. Umum dan Kesekretariatan (Kode Peminatan: UKS)
- Melaksanakan acara pemeliharaan, perbaikan atau service alat angkutan (rutin maupun non rutin)
- Melakukan pemeliharaan aset
- Membuat kodefikasi aset sesuai klasifikasinya dan unit kerja yang membutuhkan
- Melakukan pemilahan surat sesuai dengan pembagian terstruktur mengenai yang telah ditentukan sebelumnya
Persyaratan khusus:
- Ringan tangan
- Senang kerapihan
i. Administrasi Pemeriksaan (Kode Peminatan: APM)
- Monitoring dan Evaluasi pertolongan data atas ketidakpatuhan;
- Pemeriksaan data
- Pemeriksaan lapangan
- Pelaporan ketidakpatuhan kepada instansi pemerintahan terkait
j. Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Primer (Kode Peminatan: PFP)
- Pendaftaran akomodasi kesehatan primer;
- Pelaksanaan pertemuan kemitraan dengan akomodasi kesehatan;
- Supervisi akomodasi kesehatan primer.
Persyaratan khusus:
- Senang bekerjasama dengan pihak dokter, klinik, dan atau puskesmas;
- Terbiasa menciptakan laporan;
- Memiliki kemampuan mengevaluasi dan menciptakan umpan balik.
Catatan:
Pilih salah satu jenis pekerjaan yang berdasarkan kalian sesuai dengan pengetahuan dan keterampilan kalian.
- Jika terdapat kebutuhan di luar fungsi tersebut di atas akan disampaikan pada ketika tahapan seleksi.
Requirements
- Jenjang Pendidikan : D3 dan S1. Termasuk profesi menyerupai Dokter, Apoteker, NERS.
- Latar belakang pendidikan : seluruh jurusan (sesuai dengan kebutuhan BPJS Kesehatan)
- Usia max. (per 31 Desember 2018) : 25 tahun
- Status : Belum menikah
- IPK min. : 2,75
- Kepribadian :
- Disiplin
- Sikap positif
- Kerjasama
- Dedikasi dan Loyalitas
- Inisiatif
- Kepemimpinan
- Perhatikan baik-baik catatan di bawah ini. Kesalahan dalam proses registrasi akan mengugurkan kalian !!
- Pastikan kalian telah menentukan provinsi lowongan sesuai harapan penempatan kalian.
- Pelamar yang dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya diadaptasi dengan kebutuhan BPJS Kesehatan.
- Pastikan menuliskan alamat lengkap kalian, termasuk kota/kabupaten domisili kalian ketika ini.
- Upload berkas lamaran kalian dibagian "resume" yang terdiri dari :
- KTP
- Pas photo dan foto seluruh badan
- Surat Lamaran
- Daftar Riwayat Hidup
- Ijazah
- Transkrip nilai
- SKCK
Seluruh berkas tersebut di scan menjadi 1 (satu) file dan di-upload di bab "resume".
Khusus untuk foto profile pada ketika mendaftar online, gunakan foto selfie kalian (bukan foto studio).
Cara Melamar Lowongan ini
Jika anda Memiliki kualifikasi diatas, Kirimkan CV dan Lamaran anda secara Online
Sumber
Disini
Deadline
16 Desember 2018